Monday, January 4, 2010

Tentang Miracle Enzyme

The Miracle of Enzyme, buku kontroversial karangan Hiromi Shinya,MD cukup mematahkan paradigma masyarakat umum tentang kesehatan. Katanya, inti dari kesehatan manusia ada di enzim pangkal. Setiap manusia lahir dengan enzim pangkal yang berlimpah dan akan habis perlahan untuk kegiatan sehari-hari, dan jika enzim itu habis maka berakhir pula hidup kita. Jadi semakin lama kita menjaga enzim pangkal kita, semakin panjang umur kita.

Yang mencengangkan adalah beberapa pola hidup yang selama ini kita anggap sehat ternyata di klaim Shinya tidak baik (menghabiskan enzim pangkal). Inilah daftar mencengangkan itu:
  1. Minum teh dan kopi. Teh dan kopi dibilang kurang baik karena bisa mengikis lapisan di lambung sehingga mengakibatkan maag. Minum teh atau kopi sebaiknya dibatasi 2-3 cangkir tiap minggunya.
  2. Makan daging. Sebisa mungkin hindari daging karena mempercepat pembiakan sel kanker, menyebabkan reaksi alergi, memperberat kerja ginjal dan hati, dan berakibat osteoporosis.
  3. Minum susu. Susu sapi juga bisa menyebabkan kekurangan energi, asma, autisme, dan osteoporosis karena bersifat asam.
  4. Makan malam. Biasakan tidur dengan perut kosong untuk menghindari gangguan pernafasan.
  5. Minum air putih. Kebiasaan minum air putih setelah makan ternyata salah karena akan menghambat pencernaan makanan. Sebaiknya minum air putih satu jam sebelum makan.
Gimana? Cukup masuk akalkah?

0 comments:

Post a Comment